WISATA DI JAWA TIMUR





 Tugu pahlawan pesona.travel

  Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya dan dipimpin oleh Khofifah Indar Parawansa. Luas wilayah Jawa Timur 47.922 km², dan jumlah penduduknya 39.698.631 jiwa (per 2019).Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangeanserta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa(Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu, dan Nusa Barung). Memiliki iklim tropis basah.

Agama
Islam (94,35%)
Kristen (4,19%)
Protestan (3,02%)
Katolik (1,17%)
Hindu (0,93%)
Buddha (0,49%)
Konghucu (0,02%)

Suku bangsa
Jawa (79,75%)
Madura (17,2%)
Osing (0,79%)
Tionghoa (0,65%)
Bawean (0,16%)
Batak (0,15%)
Lainnya (1,18%) 


Bahasa
Indonesia (resmi)
Jawa (dominan)
—Jawa Arekan
—Jawa Jombang
—Jawa Madiun
—Jawa Malang
Bali
Madura
Osing
Peranakan
Tengger
Arab
Tionghoa
(id.wikipedia.org)

POTENSI WISATA DI JAWA TIMUR

A.WISATA ALAM

1. Gunung Bromo

  Siapa yang tidak tahu gunung ini. Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Jawa Timur tanpa mengunjungi gunung Bromo.  Gunung ini memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan air laut.Gunung Bromo berada di Provinsi Jawa Timur dan berada dalam empat wilayah pemerintahan yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disana diantaranya,menonton upacara adat masyarakat sekitar gunung,melihat sunrise dan sunset di puncak gunung,berkuda,berkeliling sekitar gunung menggunakan jeep dan masih banyak lagi.

2.Gili Labak


  Pantai Gili Labak Madura adalah salah satu destinasi Wisata Pantai yang akan memikat siapa saja yang mendatanginya. Keindahannya patut diperhitungkan, meskipun Pantai ini belum termasuk ke dalam bagian rekomendasi destinasi utama Wisata Madura. Mungkin saja hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada di Luar Wilayah Pulau, sehingga perlu akses tambahan untuk mencapainya. Haga tiket masuk Gili Labak biasanya sudah termasuk kedalam paket Wisata yang disediakan oleh agen biro perjalanan. Harganya bervariasi, paket lengkap mulai dari Rp 200.000,00 sampai jutaan tergantung servis dan pilihan. Kegiatan yang bisa kita lakukan disana yaitu,Snorkeling / Diving Bawah Laut,berkemah di pinggir pantai dan menaiki perahu.

3.Taman Nasional Baluran


  Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di antara wilayah Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Luas wilayahnya 250 km². Memiliki 444 jenis tumbuhan dan 26 jenis satwa mamalia. Yang bisa kita lakukan disini adalah melihat satwa-satwa liar dan berswafoto.
(id.wikipedia.org)

4.Gua Gong Pacitan

  Gua Gong Pacitan memiliki kedalaman goa hingga 256 meter dengan stalakmit dan stalaktit yang indah berusia ratusan tahun. Didalam gua terdapat beberapa ruangan yaitu Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong. Harga tiket masuk gua ini hanya Rp.5000. Ketika memasuki gua kita harus berhati-hati dan tetap berpegang pada pinggiran tangga karena didalam gua lembab dan licin.(nativeindonesia.com)

B. WISATA BUDAYA

1. Museum Angkut

datawisata.com
  Museum Angkut Malang merupakan wisata  ter-populer di Malang dan sekitarnya.
Diresmikan pada tanggal 9 maret 2014, hingga sekarang museum kendaraan ini merupakan tempat wisata mengusung konsep angkutan pertama di Asia Tenggara.Luas museum Angkut kurang lebih sekitar 3 hektar, koleksi kendaraan di museum Angkut berada tiap-tiap ruangan yang dibagi per-zona di lantai bertingkat tiga. Harga tiket masuk museum angkut dimulai dari Rp.70.000 - Rp.100.000.

2. Desa kemiren

  Desa Wisata Osing atau Desa Kemiren,beda di Kecamatan Glagah di Kabupaten Banyuwangi. Penduduk di desa ini merupakan kelompok masyarakat yang memiliki adat istiadat dan budaya khas sebagai satu suku, yang dikenal sebagai suku Osing (Using). Pemerintah menetapkannya, sebagai daerah cagar budaya dan mengembangkannya sebagai Desa Wisata.Desa Kemiren lahir pada zaman penjajahan Belanda, tahun 1830-an.
  Setelah ditetapkan menjadi Desa Wisata Using, tahun 1995 Bupati Purnomo Sidik membangun anjungan wisata yang terletak di utara desa. Anjungan ini dikonsep menyajikan miniatur rumah-rumah khas Using, mempertontonkan kesenian warga setempat, dan memamerkan hasil kebudayaan. Untuk tiket masuk, wisatawan hanya membayar Rp.5.000 dan bisa menikmati fasilitas rekreasi sepuasnya.
(goodnewsfromindonesia.id)

3. Situs Purbakala Trowulan

  Situs Trowulan memiliki luas hampir 100km2. Dengan lahan seluas itu, Situs Trowulan di Mojokerto memiliki beberapa candi seperti Candi Brahu, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, dan Candi Kedaton. Tidak hanya candi-candi, terdapat juga kolam segaran, makam permaisuri Brawijaya, pendopot Majapahit dan makam Syeikh Junaidul Qubro.
  Selain itu yang menjadi pusat perhatian adalah patung Sleeping Buddha. Patung Sleeping Buddha memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung menjadi patung Sleeping Buddha terbesar di Indonesia.Situs Trowulan dikenakan biaya masuk yang bervariatif dari harga Rp.Rp.2.500.(liputan6.com)

C. WISATA BUATAN

1. Jawa Timur Park


  Jawa Timur Park 1 adalah salah satu taman wisata rekreasi andalan kota Malang.Karena suksesnya telah dibangun Jatim Park 2 yang letaknya juga tidak jauh dari Jatim Park 1.   Jatim Park ini berkonsep wahana rekreasi yang dipadukan dengan edukasi, sehingga anak anak bisa bermain dan sekaligus belajar. di dalamnya terdapat total 53 wahana permainan yang dapat kamu nikmati, diantaranya 3D Theater,flaying fox,mini jet,sky copier dan lainnya.Selain itu juga didukung fasilitas umum seperti restoran, kafe, toilet, mushola hingga tempat parkir yang cukup luas. Harga tiket masuknya dimulai dari Rp.70.000 - Rp.450.000 yang dibagi beberapa kategori.(trivindo.com)

2. Pasar Apung Nusantara Malang

dakatour.com
  Pasar apung Malang lokasinya digabung dengan Museum Angkut,Lebih tepatnya berada di parkir pintu masuk Museum Angkut.Setiap pengunjung bisa menikmati jajanan khas Malang sambil berkeliling pasar menggunakan perahu dengan kapasitas 2 orang yang disewa Rp.10.000 per orang.Harga tiket masuknya Rp.60.000 - Rp.80.000.

3. Eco Green Park

tempatasik.com
  Taman ekosistem terbesar di Indonesia Eco Green Park Malang menjadi salah satu wisata terbaik. Rasakan sejuknya kota Malang yang dikelilingi pengunungan dan bersantai sejenak untuk menghilangkan penat.Memiliki 7 zona utama yaitu,World Parrot,Recycle,Rumah terbalik,Eco Journey,Exotic white peacock,Sirkus burung kakak tua,Water outbond.Harga tiket weekend Rp.70.000 dan diskon 30% untuk weekday.(sunburstadventure.com)

SOMETHING TO DO
Yang bisa dilakukan di Jawa Timur??
  1. Mendaki gunung - gunung terkenal(Bromo,Kelud,Semeru)
  2. Snorkeling / Diving di pantai-pantai indah
  3. Berkeliling kota mendatangi tempat-tempat sejarah
  4. Berkuliner makanan khas Jawa Timur
  5. Memetik apel di Malang
SOMETHING TO SEE
Yang bisa dilihat di Jawa Timur?
  1. Melihat upacara adat yang dilakukan masyarakat Jawa Timur
  2. Melihat festival-festival budaya 
  3. Melihat indahnya pantai-pantai
SOMETHING TO BUY
Yang bisa dibeli di Jawa Timur?
  1. Makanan khas Jawa Timur
  2. Batik khas Jawa Timur
  3. Kerajinan kulit
  4. Keramik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Dari Pandemi Covid-19

TENTANG DIRIKU